- Focus and Scope
- Section Policies
- Peer Review Process
- Open Access Policy
- Publication Ethics
- Plagiarism and Retraction Policy
- Archiving
- Fees
- Publisher
- Statistics & Traffics
- Open Access Statement
Focus and Scope
Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Pascasarjana Universitas Riau di bidang Pendidikan, mulai tahun 2022 sudah menerima artikel dalam bentuk Penelitian Kualitatif maupun Kuantitatif.
Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif berisi publikasi tentang ulasan, hasil pemikiran, dan penelitian tentang manajemen pendidikan yang meliputi:
1. Pengelolaan Kurikulum,
2. Pengelolaan Lulusan,
3. Pengelolaan Proses Pembelajaran,
4. Pengelolaan Sarana dan Prasarana,
5. Pengelolaan Pendidikan,
6. Pengelolaan Pembiayaan,
7. Pengelolaan Penilaian, dan
8. Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Section Policies
Articles
Open Submissions | Indexed | Peer Reviewed |
Peer Review Process
Publikasi artikel dalam Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif bergantung pada validitas ilmiah dan koherensi sebagaimana dinilai oleh editor dan / atau peninjau sejawat kami, yang juga akan menilai apakah tulisan tersebut dapat dipahami dan apakah karya tersebut merupakan kontribusi yang bermanfaat bagi bidang tersebut. Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif mengakui upaya dan saran yang dibuat oleh pengulasnya.
Evaluasi awal naskah
Editor pertama-tama akan mengevaluasi semua naskah yang dikirimkan. Meskipun jarang, namun layak untuk menerima naskah yang luar biasa pada tahap ini. Mereka yang ditolak pada tahap ini tidak cukup orisinal, memiliki kelemahan ilmiah yang serius, atau berada di luar tujuan dan ruang lingkup Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif. Mereka yang memenuhi kriteria minimum diteruskan ke ahli untuk ditinjau.
Jenis ulasan sejawat Naskah
yang dikirim umumnya akan ditinjau oleh dua hingga tiga pakar yang akan diminta untuk mengevaluasi apakah naskah itu ilmiah dan masuk akal, apakah itu duplikat karya yang sudah diterbitkan, dan apakah naskah itu cukup jelas untuk diterbitkan. Metodenya adalah blind peer review.
Tinjau laporan Peninjau diminta untuk mengevaluasi apakah naskah:
- Asli dengan menyatakan tujuan dan kesenjangan dengan jelas
- Secara metodologi
- Mengikuti pedoman etika yang sesuai
- Memiliki hasil / temuan yang disajikan dengan jelas dan mendukung kesimpulan Merujuk dengan benar pekerjaan relevan sebelumnya
- Peninjau tidak diharapkan memperbaiki atau menyalin naskah.
Koreksi
Bahasa bukan bagian dari proses peer review. Keputusan Peninjau menyarankan editor, yang bertanggung jawab atas keputusan akhir untuk menerima atau menolak artikel. Editor akan mencapai keputusan berdasarkan laporan ini dan, jika perlu, mereka akan berkonsultasi dengan anggota Dewan Editorial. Keputusan editor bersifat final.
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
Publication Ethics
Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif adalah jurnal peer-review. Pernyataan ini mengklarifikasi perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan artikel dalam jurnal ini, termasuk penulis, pemimpin redaksi, Dewan Editorial, peer-reviewer dan penerbit (Universitas Riau).
Pedoman Etika untuk Publikasi
Jurnal Publikasi sebuah artikel dalam Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif yang ditinjau sejawat merupakan blok bangunan penting dalam pengembangan jaringan pengetahuan yang koheren dan dihormati. Ini adalah cerminan langsung dari kualitas karya penulis dan lembaga yang mendukung mereka. Artikel yang diulas rekan mendukung dan mewujudkan metode ilmiah. Karena itu, penting untuk menyepakati standar perilaku etis yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, peninjau sejawat, penerbit dan masyarakat.
PENERBIT DAN EDITOR
Universitas Riau sebagai penerbit Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif menjalankan tugasnya sebagai perwalian dengan sangat serius dan kami menyadari tanggung jawab etis dan tanggung jawab kami lainnya. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang, atau pendapatan komersial lainnya tidak berdampak atau memengaruhi keputusan editorial. Selain itu, Universitas Riau dan Dewan Editorial akan membantu dalam komunikasi dengan jurnal dan / atau penerbit lain di mana ini berguna dan perlu.
Keputusan publikasi:
Editor Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang diserahkan ke jurnal yang harus diterbitkan. Validasi karya yang dipertanyakan dan pentingnya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Para editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor dapat berunding dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini.
Permainan yang adil:
Editor setiap saat mengevaluasi manuskrip untuk konten intelektual mereka tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filosofi politik penulis.
Kerahasiaan:
Editor dan staf editorial tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain penulis, pengulas, calon pengulas, penasihat editorial lain, dan penerbit, yang sesuai.
Pengungkapan dan konflik kepentingan:
Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.
PENINJAU
Kontribusi terhadap Keputusan Editorial:
Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam memperbaiki makalah.
Promptness:
Setiap wasit terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau penelitian yang dilaporkan dalam sebuah naskah atau mengetahui bahwa peninjauan yang cepat tidak mungkin dilakukan harus memberi tahu editor dan minta izin dari proses peninjauan.
Kerahasiaan:
Naskah yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Mereka tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.
Standar Objektivitas:
Tinjauan harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi terhadap penulis tidak pantas. Wasit harus mengekspresikan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen yang mendukung.
Pengakuan Sumber:
Peninjau harus mengidentifikasi karya yang diterbitkan relevan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa pengamatan, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Peninjau juga harus meminta perhatian editor tentang kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan dan setiap makalah lain yang diterbitkan yang memiliki pengetahuan pribadi.
Pengungkapan dan Konflik Kepentingan:
Informasi atau ide yang diperoleh secara istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Peninjau tidak boleh mempertimbangkan naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang timbul dari persaingan, kolaborasi, atau hubungan atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau lembaga mana pun yang terhubung dengan makalah.
PENULIS
Standar pelaporan:
Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan akun yang akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat di koran. Sebuah makalah harus memuat detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Pernyataan palsu atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
Akses dan Retensi Data:
Penulis diminta untuk memberikan data mentah sehubungan dengan makalah untuk tinjauan editorial, dan harus siap untuk memberikan akses publik ke data tersebut (konsisten dengan Pernyataan ALPSP-STM tentang Data dan Database), jika dapat dilakukan, dan dalam hal apa pun harus siap untuk menyimpan data tersebut untuk waktu yang wajar setelah publikasi.
Orisinalitas dan Plagiarisme:
Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya asli seluruhnya, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain bahwa ini telah dikutip atau dikutip dengan tepat. Publikasi Berganda, Redundan, atau Bersamaan: Secara umum, penulis tidak boleh mempublikasikan manuskrip yang menggambarkan penelitian yang sama pada dasarnya di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
Pengakuan Sumber:
Pengakuan yang tepat atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat dari karya yang dilaporkan.
Karangan Makalah:
Karangan harus dibatasi untuk mereka yang telah membuat kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Semua yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai rekan penulis. Di mana ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis yang sesuai harus memastikan bahwa semua penulis bersama yang sesuai dan tidak ada penulis bersama yang tidak pantas dimasukkan di atas kertas dan bahwa semua penulis bersama telah melihat dan menyetujui versi final dari makalah tersebut dan telah menyetujui pengajuannya untuk publikasi.
Pengungkapan dan Konflik Kepentingan:
Semua penulis harus mengungkapkan dalam manuskrip mereka segala konflik kepentingan finansial atau substantif lainnya yang mungkin ditafsirkan untuk memengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diungkapkan.
Kesalahan mendasar dalam karya yang diterbitkan:
Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam karya yang diterbitkannya sendiri, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki kertas.
Plagiarism and Retraction Policy
Dewan Editorial Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif mengakui bahwa plagiarisme tidak dapat diterima dan oleh karena itu menetapkan kebijakan berikut yang menyatakan tindakan spesifik (hukuman) ketika plagiarisme diidentifikasi dalam artikel yang diajukan untuk publikasi di Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif. Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif akan menggunakan perangkat lunak pengecekan keaslian Turnitin sebagai alat kami dalam mendeteksi kesamaan teks dalam artikel. Maksimal 25% kesamaan diizinkan.
Definisi:
Plagiarisme melibatkan "penggunaan atau penutupan imitasi bahasa dan pemikiran penulis lain dan representasi mereka sebagai karya asli seseorang."
Kebijakan:
Makalah harus asli, tidak diterbitkan, dan tidak menunggu publikasi di tempat lain. Bahan apa pun yang diambil kata demi kata dari sumber lain harus secara jelas diidentifikasi sebagai berbeda dari teks asli ini dengan (1) indentasi, (2) penggunaan tanda kutip, dan (3) identifikasi sumber. Setiap teks dengan jumlah yang melebihi standar penggunaan wajar (di sini didefinisikan sebagai lebih dari dua atau tiga kalimat atau setara dengan itu) atau materi grafis yang direproduksi dari sumber lain memerlukan izin dari pemegang hak cipta dan, jika memungkinkan, penulis asli dan juga membutuhkan identifikasi sumber; mis., publikasi sebelumnya. Ketika plagiarisme diidentifikasi, Pemimpin Redaksi bertanggung jawab untuk peninjauan makalah ini dan akan menyetujui langkah-langkah sesuai dengan tingkat plagiarisme yang terdeteksi dalam makalah tersebut sesuai dengan pedoman berikut:
TINGKAT PLAGIARISME
Minor: Bagian singkat dari artikel lain dijiplak tanpa data atau ide signifikan yang diambil dari makalah lain
Tindakan: Peringatan diberikan kepada penulis dan permintaan untuk mengubah teks dan mengutip dengan benar artikel asli dibuat
Menengah: Sebagian besar kertas dijiplak tanpa kutipan yang sesuai dengan kertas aslinya
Tindakan: Artikel yang dikirim ditolak dan penulis dilarang mengirimkan artikel lebih lanjut selama satu tahun
Parah: Sebagian besar makalah dijiplak yang melibatkan mereproduksi hasil asli atau ide yang disajikan dalam publikasi lain
Tindakan: Makalah ini ditolak dan penulis dilarang mengirimkan artikel lebih lanjut selama lima tahun. Dapat dipahami bahwa semua penulis bertanggung jawab atas isi makalah yang mereka kirimkan karena mereka semua membaca dan memahami Ketentuan Hak Cipta dan Perizinan Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif .
Jika hukuman dijatuhkan untuk plagiarisme, semua penulis akan dikenakan hukuman yang sama. Jika kasus plagiarisme kedua oleh penulis yang sama teridentifikasi, keputusan tentang tindakan yang akan ditegakkan akan dibuat oleh dewan Editorial (Pemimpin Editor, dan anggota Editorial) dengan Ketua Editor Pemimpin . Penulis dilarang untuk mengirimkan artikel lebih lanjut selamanya.
Kebijakan ini berlaku juga untuk materi yang direproduksi dari publikasi lain oleh penulis yang sama. Jika seorang penulis menggunakan teks atau gambar yang sebelumnya telah diterbitkan, paragraf atau angka yang sesuai harus diidentifikasi dan publikasi sebelumnya direferensikan. Dapat dipahami bahwa dalam kasus makalah peninjauan atau makalah yang bersifat tutorial banyak dari materi yang sebelumnya diterbitkan.
Penulis harus mengidentifikasi sumber dari materi yang diterbitkan sebelumnya dan mendapatkan izin dari penulis asli dan penerbit. Jika seorang penulis mengirimkan naskah ke Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif dengan tumpang tindih yang signifikan dengan naskah yang dikirimkan ke jurnal lain secara bersamaan, dan tumpang tindih ini ditemukan selama proses peninjauan atau setelah publikasi kedua makalah, editor jurnal lain diberitahu dan kasus tersebut ditangani sebagai kasus plagiarisme yang parah. Tumpang tindih yang signifikan berarti penggunaan angka yang identik atau hampir identik dan teks yang identik atau sedikit dimodifikasi untuk setengah kertas atau lebih. Untuk plagiarisme sendiri kurang dari setengah kertas tetapi lebih dari sepersepuluh kertas, kasing harus diperlakukan sebagai plagiarisme menengah.
Jika plagiarisme terbatas pada bagian metode, kasus ini harus dianggap sebagai plagiarisme minor. Jika seorang penulis menggunakan beberapa materi yang sebelumnya diterbitkan untuk mengklarifikasi presentasi hasil baru, materi yang diterbitkan sebelumnya harus diidentifikasi dan perbedaan untuk publikasi ini harus disebutkan. Izin untuk menerbitkan ulang harus diperoleh dari pemegang hak cipta. Dalam hal naskah yang awalnya diterbitkan dalam proses konferensi dan kemudian diserahkan untuk publikasi di Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif baik dalam bentuk yang identik atau diperluas, penulis harus mengidentifikasi nama proses konferensi dan tanggal publikasi dan mendapatkan izin untuk menerbitkan ulang dari pemegang hak cipta. Editor mungkin memutuskan untuk tidak menerima makalah ini untuk publikasi.
Namun, seorang penulis diizinkan untuk menggunakan bahan dari presentasi yang tidak dipublikasikan, termasuk tampilan visual, dalam publikasi jurnal berikutnya. Dalam hal publikasi yang diajukan, yang awalnya diterbitkan dalam bahasa lain, judul, tanggal, dan jurnal publikasi asli harus diidentifikasi oleh penulis, dan hak cipta harus diperoleh. Editor dapat menerima publikasi terjemahan seperti itu untuk menarik perhatian audiens yang lebih luas. Editor dapat memilih makalah tertentu yang telah diterbitkan (mis. Makalah “bersejarah”) untuk republikasi untuk memberikan perspektif yang lebih baik dari serangkaian makalah yang diterbitkan dalam satu edisi Jurnal Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif. Republikasi ini harus dengan jelas diidentifikasi dan tanggal serta jurnal dari publikasi asli harus diberikan, dan izin dari penulis (s) dan penerbit harus diperoleh.
Editor tata letak Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif untuk Jurnal bertanggung jawab untuk menjaga daftar penulis yang dikenai penalti dan akan memeriksa bahwa tidak ada penulis makalah yang dikirim dalam daftar ini. Jika penulis yang dilarang diidentifikasi, editor tata letak akan memberi tahu Kepala Editor yang akan mengambil tindakan yang sesuai. Kebijakan ini akan diposting di situs web dengan instruksi untuk mengirimkan naskah, dan salinannya akan dikirim ke penulis dengan email konfirmasi setelah penerimaan awal naskah asli mereka.
RETRAKSI DAN / ATAU KOREKSI PENULIS
Tidak disarankan untuk menarik naskah yang dikirimkan setelah naskah tersebut dalam proses publikasi (tinjau, salin, tata letak, dan lainnya). Selama ini, Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif telah menghabiskan sumber daya berharga selain waktu yang dihabiskan dalam proses.
Editor Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif akan mempertimbangkan untuk menarik kembali publikasi jika:
- mereka memiliki bukti yang jelas bahwa temuan tersebut tidak dapat diandalkan, baik sebagai akibat dari kesalahan perilaku (mis. pembuatan data) atau kesalahan jujur (mis. kesalahan perhitungan atau kesalahan eksperimental)
- temuan sebelumnya telah diterbitkan di tempat lain tanpa referensi silang yang tepat, izin atau justifikasi (mis. kasus publikasi yang berlebihan)
- itu merupakan plagiarisme
- itu melaporkan penelitian yang tidak etis
Editor Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif akan mempertimbangkan mengeluarkan pernyataan keprihatinan jika:
- mereka menerima bukti penelitian yang tidak meyakinkan atau kesalahan publikasi oleh penulis
- ada bukti bahwa temuan tidak dapat diandalkan tetapi lembaga penulis tidak akan menyelidiki kasus ini
- mereka percaya bahwa investigasi terhadap dugaan pelanggaran yang terkait dengan publikasi belum atau tidak, adil dan tidak memihak atau konklusif
- penyelidikan sedang dilakukan tetapi penilaian tidak akan tersedia untuk waktu yang cukup lama
Editor Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif akan mempertimbangkan mengeluarkan koreksi jika:
- Sebagian kecil dari publikasi yang dinyatakan terbukti menyesatkan
- Daftar penulis atau kontributor salah (penulis yang layak telah dihilangkan bahkan seseorang yang tidak memenuhi kriteria kepengarangan telah dimasukkan menjadi seorang penulis) Mekanisme ini mengikuti pedoman dari Komite Etika Publikasi (COPE)
Archiving
Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif menyimpan artikel saat ini mengikuti gagasan LOCKSS untuk menyimpan banyak salinan barang kami di beberapa server agar tetap aman. Arsip disimpan di server repositori Universitas Riau, Koleksi Konten Lokal universitas dan semuanya diserahkan secara digital ke Indonesia OneSearch Perpustakaan Nasional Indonesia dan dipanen secara berkala oleh OCLC WorldCat. Masalah-masalah yang telah diterbitkan juga dikirim ke LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia untuk disimpan dalam repositor
Fees
Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif menerapkan biaya untuk pemrosesan artikel sebesar Rp. 500.000,-
Publisher
Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif bersama-sama disponsori oleh Ikatan Alumni Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Riau dan diterbitkan oleh: Pascasarjana Universitas Riau
Statistics & Traffics
Kami melacak pengunjung untuk memberi tahu kami sebaik apa kami dalam menyebarluaskan makalah Jurnal Manajemen Pendidikan Kualitatif yang diterbitkan. Ini berjalan di server yang terpisah, dan mencatat pengunjung berdasarkan alamat IP mereka. Kami tidak melacak data pribadi dan tidak pernah berencana untuk melakukannya. Kami tidak merusak data hanya untuk membuat kami senang, ini adalah data nyata yang kami gunakan dengan catatan yang ada di Statcounter.
Open Access Statement
Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar terutama di dunia pendidikan. Manfaat akses terbuka bagi penulis, termasuk: Akses gratis untuk semua pengguna di seluruh dunia
- Penulis mempertahankan hak cipta untuk pekerjaan mereka
- Meningkatkan visibilitas dan jumlah pembaca
- Publikasi cepat
- Tidak ada batasan spasial Karya / artikel dalam jurnal ini terikat dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0