PENGEMBANGAN KURIKULUM PROSES INOVASI PENDIDIKAN DIFUSI INOVASI DALAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Syahrudi Ramadhan, Masyunila Artati

Abstract


Proses pembelajaran pada hakikatnya adalah suatu proses yang disesuaikan dan dirancang menurut langkah-langkah tertentu sehingga bila dilaksanakan dapat diperoleh hasil yang diharapkan dan keterampilan dasar diperoleh secara efektif Oleh karena itu,  guru yang profesional harus mampu menjadi inovator dan memberikan hasil yang inovatif agar siswa memperoleh pengalaman belajar yang bermakna dan efektif. Teknologi yang tepat guna dan efektif untuk mendiseminasikan inovasi pembelajaran mempunyai dampak yang signifikan terhadap keberhasilan pelaksanaan pembelajaran. Teknologi pendidikan adalah kajian dan praktik untuk mendukung proses pembelajaran dan meningkatkan kinerja melalui penciptaan, penggunaan, dan pengelolaan proses dan sumber daya teknologi yang andal. Konsep inovasi, difusi, dan difusi inovasi bukanlah hal baru. Jika Anda berani bertindak, meski tidak mudah, inovasi tidak akan pernah berhenti. Diseminasi dan inovasi diperlukan tidak hanya di bidang teknologi tetapi di segala bidang, termasuk pendidikan. Pemasyarakatan pendidikan tidak hanya berlaku pada jenjang pendidikan yang berbeda, namun juga pada seluruh elemen sistem pendidikan.

Keywords


Difusi, Inovasi, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ananda, A. R. (2017). Inovasi pendidikan: Melejitkan Potensi Teknologi dan Inovasi pendidikan, Medan: CV. Widya Puspita

Darmawan, D. (2016). Mobile Learning (Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran), Jakarta: Rajawali Pers.

Maswan, K. M. (2017). Teknologi Pendidikan (Penerapan Pembelajaran yang sistematis), Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Plomp, T. & Ely, D. P. (1996). International Encyclopedia of Educational Technology. Cambridge, UK: Elsevier Science Ltd.

Rogers, E. M. (1983). Diffusion of Innovation. Canada: The Free Press, A Division of Macmillan Publishing Co., Inc. New York.

Rogers, E. M., & Shoemaker, F. F. (1971). Communication of Innovations. A Cross-Cultural Approach.

Rusdiana. (2014). Konsep Inovasi Pendidikan, Bandung:Pustaka Setia.

Seels, B. B. (1994). Teknologi Pembelajaran, Jakarta: Universitas Negeri Jakarta .

Ab Marisyah, &. F. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan, 3.

Darmawan, D. (2019). Karakteritik Mnajemen Berbisis Sekolah. Bogor: SKTIP Muhammadiyah .

Dyah M. Sulistyati, S. W. (2021). Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Untuk Satuan PIAUD. Jakarta : ta pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Nursalam, &. S. (2022). Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila Berbasis Integratif Moral Di Sekolah Dasar . Banten: CV. AA Rizky .

Prihatini, d. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah . Tasikmalaya: Edu Publisher.

Santoso, G. &. (2021). The Meaningfulness of Civic Education in Integrated Education Curriculum From Year 1961 -2013 in Indonesia 21st Century. World Journal of Entrepreneurship Project and Digital Management, 2(2), 112-118.

Susilowati, I. (2023). Skripsi Implementasi Penguatan Profil Belajar Pancasila di MIM Banjarsari Metro Utara. Metro: IAIN Metro.

Syafi’i, F. F. (2022). Merdeka belajar: sekolah penggerak. . Prosiding seminar nasional pendidikan dasar. .

Utomo, S. A. (2017). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 5-14.

Wahyudin, D. (2014). Manajemen Kurikulum. Ngamprah Bandung Barat: PT Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmppk.8.1.p.7-13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Universitas Riau

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.