Minat Mahasiswa Dalam Mengikuti Program MBKM Pada Program Studi Administrasi Pendidikan

Nova Ida Silalahi, Hizkia Manurung, Friscilla Wulan Tersta

Abstract


Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan inisiatif penting yang bertujuan memberikan pengalaman praktis yang tidak dapat diperoleh di dalam kelas kepada mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini mengkaji motivasi, dukungan kurikulum, biaya dan bantuan keuangan, proses pendaftaran, serta tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam mengikuti program MBKM. Hasil wawancara menunjukkan bahwa motivasi utama mahasiswa adalah memperoleh pengalaman baru, mengembangkan kemampuan, dan memperluas wawasan yang relevan dengan tujuan karier mereka. Dukungan dari universitas dan dosen pembimbing sangat membantu, meskipun terdapat kebutuhan untuk peningkatan dalam pengarahan dan relevansi program. Meskipun sebagian besar biaya telah ditanggung, mahasiswa tetap menghadapi tantangan finansial dan mental. Persiapan yang matang serta komunikasi yang baik dengan orang tua sangat penting untuk keberhasilan dalam menjalani program ini. Dengan demikian, program MBKM tidak hanya memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan pribadi dan profesional mahasiswa, tetapi juga berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Keywords


Factors, Interests, MBKM.

Full Text:

PDF

References


Cahaya, C., Majid, A., & Muttaqin, A. (2022). Utilization Of Private Media Hasanuddin University In Distribution Of Information Program Merdeka Learning Merdeka Campus 2021. RESPON JURNAL ILMIAH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI, 3(2).

Dewi, A. N. (2024). Manajemen dan Peluang Pengadaan Program Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa) di Perguruan Tinggi Islam: Tantangan Dan Strategi. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 14(1), 282-292.

Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Unj : Press.

Fauzi, A., Surayapermana, N., & Nur’aeni, E. (2022). Pentingnya Wawasan Jurnalistik Pendidikan Bagi Guru dan Dosen dalam Era Global. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(1), 4489-4508.

Hidayat, S. P., & Nurhikmahyanti, D. (2014). Peran Tenaga Administrasi Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Sekolah di Man 1 Kota Mojokerto. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4), 152-162.

Iskandar, A. M. (2020). Interaksi dan Komunikasi Dosen dan Mahasiswa dalam Proses Pendidikan. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 5(1), 49-61.

Ismail, I., Hasan, H., & Musdalifah, M. (2018). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 124-132.

Khusniyah, N. L. (2018). Peran Orang Tua sebagai Pembentuk Emosional Sosial anak. Qawwam, 12(1), 87-101.

Panjaitan, M., Rini, A. D., Agusalim, L., Abdullah, Z., Purwandaya, B., &

Pasaribu, B. (2022). Persepsi Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Trilogi terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Islamic Banking: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 7(2), 351-362.

Rahayu, Q. P., & Suwanda, I. M. (2015). Pola Penggunaan Beasiswa Bidikmisi Pada Mahasiswa Di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Surabaya Angkatan Tahun 2011. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 3(3), 1160-1174.

Rochana, R., Darajatun, R. M., & Ramdhany, M. A. (2021). Pengaruh Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka Terhadap Minat dan Keterlibatan Mahasiswa. Journal of Business Management Education (JBME), 6(3), 11-21.

Setyawati, R. K., & Chelsea, M. (2021). Mengelola Emosi Mahasiswa Selama Belajar Secara Daring. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 6(1), 63-77.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Tae, L. F., Ramdani, Z., & Shidiq, G. A. (2019). Analisis Tematik Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa dalam Pembelajaran Sains. Indonesian Journal of Educational Assessment-Vol, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmppk.7.2.p.65-71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Universitas Riau

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.